Har Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Konsep Evaluasi

Selasa, 27 September 2011

Share this history on :

Pengajaran dan pembelajaran merupakan suatu aktivitas yang dilaksanakan oleh seorang guru. Agar program pengajaran yang telah dilaksanakan itu baik atau tidak perlu dilaksanakan suatu penilaian, yang sering dikenal dengan evaluasi program pengajaran.

Beberapa istilah yang mewarnai dalam hasil belajar, seperti pengukuran, tes, uji, penilaian, dan evaluasi serta asesmen. Secara mendasar beberapa istilah tersebut memiliki pengertian masing-masing. Pengukuran secara umum diartikan membandingkan sesuatu dengan cirri tertentu sehingga dapat mengetahui tingkatan seseorang, bersifat kuantitatif. Tes ialah salah satu cara untuk melakukan pengukuran dengan rangkaian soal sehingga menghasilkan informasi yang dapat dibandingkan dengan skor standar. Tes lebih luwes, karena digunakan untuk satu pertemuan pembelajaran, sedangkan ujian pada akhir studi atau kelulusan.

Penilaian ialah pengambilan keputusan berdasarkan hasil pengukuran dan kriteria tertentu yang bersifat kualitatif. Selanjutnya proses yang mencakup pengukuran dan penilaian disebut evaluasi. Sedangkan asesmen merupakan proses penilaian maupun pengukuran secara terus menerus dalam konteks meningkatkan kualitas pembelajaran.

Evaluasi mencakup evaluasi hasil belajar dan evaluasi pembelajaran. Guru harus dapat membedakan, mana kegiatan evaluasi hasil belajar dan mana pula kegiatan evaluasi pembelajaran. Evaluasi hasil belajar menekankan kepada diperolehnya informasi tentang seberapakah perolehan siswa dalam mencapai tujuan pengajaran yang ditetapkan. Sedangkan evaluasi pembelajaran merupakan proses sistematis untuk memperoleh informasi tentang keefektifan proses pembelajaran dalam membantu siswa mencapai tujuan pengajaran secara optimal. Dengan demikian evaluasi hasil belajar menetapkan baik buruknya hasil dari kegiatan pembelajaran, sedangkan evaluasi pembelajaran menetapkan baik buruknya proses dari kegiatan pembelajaran.

Evaluasi memiliki peran dalam keputusan pembelajaran, antara lain keputusan individu (berkaitan dengan kepentingan individu), keputusan Institusional(berkaitan dengan lembaga pendidikan yang menyangkut banyak orang), Keputusan Didaktis (mengenai strategi,pendekatan, dan metode pembelajaran), keputusan BK (mengenai kebutuhan siswa pada BK), keputusan managerial (mengenai adminitrasi, biaya, penyusunan anggaran sekolah),dan keputusan penilaian (mengenai hasil tes atau beberapa keputusan dari tes). Kedudukan evaluasi secara umum yaitu sebagai sarana mengetahui kemampun siswa dan memperbaiki pembelajaran dari guru. Selain itu, untuk memperbaiki misi dan visi pembelajaran pada sekolah tersebut.

Evaluasi otentik dimaksud sebagai keaslian evaluasi. Keaslian ini, dilihat dari beberapa segi yaitu otentik dalam perencanaan, komprehensif, pelaksanaan, pensekoran, interpretasi. Dengan diimbangi dengan skala penilaian, yang berdasarkan syarat kenaikan kelas, dikriminasi mata pelajaran. Skala evaluasi yang didapat dari pengukuran adalah skala nominal, ordinal, interval dan rasio.

Evaluasi dapat dilakukan tes maupun non tes, semua menjadi kebijakan guru. Bagaimana evaluasi dilaksanakan dengan tetap bertumpu pada kebutuhan dan perkembangan siswa. Tes tentu dengan melalui tertulis, baik tes individu ataupun kelompok. Sedangkan non tes dapat berupa wawancara, portofolio, angket, pengamatan, log, evaluasi diri, stempel kerja dan daftar cek.

Kreatifitas guru dituntut dalam melakukan evaluasi, tes yang akan diberikan pada siswa harus mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran. Evaluasi tidak asal dilaksanakan dengan pemikiran “yang penting ada nilai dari siswa”, tapi tes dilakukan semata-mata untuk memberikan motivasi sehingga dapat meningkatkan minat dalam mengikuti pembelajaran. Semua kegiatan evaluasi bertumpu pada siswa, bertujuan untuk kepentingan siswa dan mendukung kebutuhan siswa akan pengetahuan.

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : youremail@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 komentar:

Poskan Komentar